Wednesday, 01 October 2014
Home
Sujud Syukur PDF Print E-mail
Wednesday, 10 June 2009 15:59

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Bolehkah kita melakukan sujud syukur ketika shalat?
Apakah sujud syukur itu harus segera dilakukan ketika baru mendapatkan nikmat? Bagaimana bila baru teringat untuk melakukannya setelah beberapa waktu kemudian?
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Abdul Jalil
Jln. Margonda Raya, Depok
Jawa Barat


Wa’alaikumussalam Wr. Wb.
Ketika mendapatkan nikmat atau selamat dari bencana, kita disunnahkan melakukan sujud syukur. Dan sujud ini harus dilakukan di luar shalat. Dari Abu Bakrah disebutkan bahwa, apabila mendapatkan sesuatu yang menyenangkan, atau dikabarkan sesuatu yang menggembirakan, Nabi SAW melakukan sujud untuk bersyukur kepada Allah. Hadits ini diriwayatkan oleh Abu Daud dan At-Tirmidzi.

Rukun sujud syukur ada empat: niat, takbiratul ihram, bersujud, dan salam sesudah duduk. Adapun syarat-syaratnya seperti syarat-syarat shalat, yakni bersih dari hadats dan najis serta menghadap kiblat.
Sebagaimana sujud tilawah, sujud syukur juga dilakukan satu kali. Bedanya, sujud tilawah disunnahkan di dalam dan di luar shalat, sedangkan sujud syukur hanya boleh dilakukan di luar shalat, tidak boleh di dalam shalat.

Sebaiknya sujud syukur itu dilakukan segera setelah mendapat kesenangan atau kenikmatan atau terhindar dari musibah. Tetapi bila baru teringat kemudian, tidak apa-apa kita melakukannya setelah itu, meskipun sudah agak lama.

 

Add comment


Security code
Refresh